Kamis, 14 Juli 2011

Bicara Masalah Rokok

Pada setuju ga, kalau penggunaan rokok itu dilarang?

Oke. Pasti ada yang setuju (pro) dan pasti ada pula yang tidak setuju (kontra).
Nah kalo dari gue pribadi sih, SETUJU BANGET !!
Karena menurut gue, yang namanya ROKOK itu mah, ga ada manfaat dan untungnya sama sekali, banyakan ruginya malahan.

Seperti yang kita ketahui bersama, ROKOK merupakan campuran dari bahan-bahan yang sangat berbahaya (seperti: nikotin, tar), yang dapat merusak dan membahayakan organ-organ vital dalam tubuh, seperti paru-paru, jantung, dan lain sebagainya. Ga hanya rokoknya sendiri, asap yang dihasilkan dari rokok juga ga kalah membahayakan. Selain dapat menimbulkan polusi udara bagi lingkungan sekitar--yang nantinya juga bakal berdampak ke masalah global warming dan makin memperparah kondisi bumi, asap rokok tentunya sangat berbahaya bagi diri kita sendiri dan orang-orang di sekitar kita, terutama bagi perokok pasif tuh ya, yang katanya tanggungan bahayanya jauh lebih besar dari perokok aktif itu sendiri. Ngeri ga tuh.
Selain membahayakan tubuh, rokok juga bisa merusak generasi-generasi muda, terutama para pelajar ataupun para mahasiswa, bisa bikin kantong kering karena harus mengeluarkan uang setiap harinya buat membeli beberapa batang rokok, juga bisa memicu terjadinya tindakan kriminal--seperti tindakan anarkisme ataupun pencurian, atau bahkan rokok tersebut bisa menjadi jembatan menuju pemakaian zat-zat berbahaya lainnya, seperti narkoba dan minuman keras.

Gileee, banyak bener kan efek minus dari rokok!

Nah pertanyaannya, kenape sih rokok ga dilarang aja? Kenapa sih pemerintah ga menyetop aja produksi rokok di Indonesia ini? Kan udah jelas-jelas tu bahaya yang ditimbulkan oleh rokok.
Hmmm, ga bisa dipungkiri kalo perusahaan-perusahaan rokok itu merupakan salah satu sumber pemasukan negara yang cukup gedeee. Jika pemakaian dan produksi rokok dilarang, otomatis perusahaan-perusahaan rokok tersebut bisa gulung tikar dan ditutup, dan jika perusahaan-perusahaan itu ditutup, ya pemasukan negara kita juga bisa berkurang dan yang paling penting, para pekerja di perusahaan rokok tersebut bisa di-phk dan tidak mempunyai pekerjaan lagi. Apalagi kan tenaga kerja yang bekerja di perusahaan-perusahaan rokok itu terbilang banyak, ya nambah lagi deeeh angka pengangguran di Indonesia.
Dilema, dan...cukup miris ya.

Gue pribadi sih, menyarankan agar pemerintah segera mengambil langkah atau kebijakan terkait masalah rokok ini. Mengingat efek negatif yang ditimbulkan rokok cukup besar, ya gue sih setuju-setuju aja jikalau penggunaan rokok di Indonesia ini dihentikan. Terkait masalah peningkatan angka pengangguran yang disebabkan oleh ter-phk-nya para pekerja di perusahaan rokok, pemerintah sebaiknya segera menyediakan dan membuka lapangan-lapangan kerja baru yang memungkinkan mereka untuk tetap dapat bekerja dan mencukupi kehidupan sehari-hari.
Toh misalnya penggunaan rokok ga bisa disetop 100 %, ya paling engga penggunaan serta bahaya yang ditimbulkan oleh rokok ini bisa ditekan dan diminimalisir. Penyediaan smoking area di beberapa tempat mungkin bertujuan baik buat meminimalisir bahaya rokok yang ditimbulkan para perokok aktif ke perokok pasif, bagus emang, tapi setahu gue yang namanya asap mah bisa nembus atau keluar lewat celah sempit, jadi bisa aja asap rokok dari ruangan smoking area itu tetap bisa keluar dari ventilasi ruangan misalnya dan menyebar ke luar ruangan tersebut.
Ga hanya pemerintah sih sebenernya yang bertanggung jawab sama yang namanya masalah rokok ini, kita pribadi pun seharusnya turut andil dalam memberantas dan mengurangi masalah rokok.

Nah buat para perokok aktif ni, sebaiknya kalo ngerokok mah liat-liat tempat juga. Jangan seenak jidat juga kali kalo lagi ngerokok. Kalo bisa jangan ngerokok di tempat-tempat yang emang lagi banyak orang.
*langsung inget mas-mas yang ngerokok di angkot. Ga tau diri ("-__-)
Hargain orang lain juga. Don't be selfish :)
Ga hanya perokok aktif, bagi kita para perokok pasif juga ya mbok pergi atau jauh-jauh lah ya kalo lagi ada yang ngerokok di deket kita. Secara ga langsung kan kita mencegah bahaya asap rokok dari si perokok tersebut.
Oke oke. Triiing *kedip genit*

Semuanya balik lagi ke diri kita masing-masing sih sebenernya. Tergantung dari mana dan dengan cara apa kita menyikapi permasalahan rokok ini. Sebaiknya kita mulai dari diri kita sendiri lah, mulai berpikir dan mulai merenung, sebenernya rokok itu buat apa sih, ada gunanya ga buat diri kita. Mari kita ubah mindset kita atau mungkin beberapa orang yang berpendapat bahwa "Rokok itu keren. Merokok itu keren. Merokok itu gaul. Merokok itu ini itu..."
Ga ada keren-kerenan.
Ga ada gaul-gaulan.

Bikin cepet mati? kaliiiii :p

2 komentar:

  1. kenapa pemerintah tidak melarang rokok?? jawabannya udah ada di tulisa anggi sendiri

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus