Minggu, 02 Oktober 2011

Mitos!

Kita sering mendengar atau bahkan sering mengucapkan :
"halah, cuma mitos!"
atau
"Mitos doang, ga usah percaya"

Mitos. Mitos. Mitos. Apa itu mitos?

Dalam kamus Webster New World College Dictionary 3rd Edition, kata “myth” diartikan sebagai : “1) any fictitious story; or unscientific account, theory, belief, etc 2) any imaginary persons or thing spoken as though existing.” Artinya : 1) sembarang kisah atau cerita fiksi (tidak nyata/khayalan/dongeng); atau kejadian, teori dan kepercayaan dan lain-lain yang tidak bersifat ilmiah. 2) sembarang orang atau sesuatu yang dikatakan seolah-olah benar-benar ada. (Blog Ki Umar)

Kita hidup di tengah-tengah masyarakat yang begitu kompleks dan beraneka ragam. Mitos yang kebanyakan berkembang di masyarakat kita memang selalu terkait dan tidak pernah terlepas dari ketiga kata yang gue tebalkan di atas. Di era seperti saat sekarang ini, Mitos, seolah tersalip oleh kerasionalitasan pikiran kita, tapi tak sepenuhnya memudar. Entah (masih) dipercaya atau tidak, namun mitos, pada kenyataanya akan selalu ada, berkembang, dan akan selalu menjadi bagian dari kehidupan kita semua.

Berikut 30 mitos "engga boleh", yang pernah gue denger dan gue dapatkan. Unik, lucu, unreasonable, dan menarik untuk dikomentarin. Cekidot!

  1. Engga boleh gunting kuku malem-malem--biar ga terluka kali ya potong kuku malem-malem, secara malem kan cahayanya rada remang-remang (warung kaliii remang-remang).
  2. Engga boleh duduk di atas beras, ntar rejekinya seret--Rejeki di tangan Tuhan, bukan di tangan beras!
  3. Engga boleh duduk deket pintu, ntar jodohnya susah--Jodoh di tangan Tuhan, bukan di tangan Pintu! (Emang pintu punya tangan?) Plak.
  4. Engga boleh tidur sore-sore pas Maghrib--Jangan tidur mulu, sholat makanya sonooo!
  5. Engga boleh naruh tangan di atas kening pas tidur, ntar cepet mati--Maut di tangan Tuhan, bukan di tangan jidaaaaat!
  6. Engga boleh tidur di kasur sebelum kasurnya dibersihin--Kalo langsung ditidurin ntar nindih setan yang lagi tidur di atas kasur kita. Setan tau aja kasur empuk ih!
  7. Engga boleh mandi malem-malem--Ini kenapa ya kira-kira? Hmm.
  8. Engga boleh maen di luar rumah pas gerimis, ntar keinjek anak setan--Ngakak banget sama mitos ini. Anak setaaaan? Hahahaha
  9. Engga boleh keluar pas Maghrib bagi ibu-ibu lagi hamil, ntar kandungannya diganggu setan--Mending di rumah aja nonton si Amira, ga usah keluar malem-malem, bu hamil -_-.
  10. Engga boleh bawa nasi ke luar malem-malem, ntar nasinya diaduk-aduk setan sampe basi--Gue curiga ni setan pernah ikut acara Masterchef, jago banget ngaduk-ngaduk makanan sampe basi gitu.
  11. Engga boleh ngebunuh binatang bagi suami yang istrinya tengah hamil, ntar anak yang dikandungnya bisa jadi cacat--Ga cuma buat para suami yang istrinya tengah hamil aja sih sebenernya, buat kita semua ngebunuh binatang sembarangan itu dilarang lo. Motong ayam aja (kalo dalam Islam) harus ngikutin ketentuan tersendiri loh, ga bisa maen asal penggal aja.
  12. Engga boleh ngehina orang bagi ibu-ibu hamil dan suaminya, ntar anaknya jadi kayak orang yang dihina dan bisa jadi cacat--Sama kayak penjelasan poin nomor 11, ga hanya ibu hamil, kita juga sebaiknya janganlah ya menghina-hina orang. Ga ada yang sempurna di dunia ini, masing-masing punya kekurangan kelebihan sendiri-sendiri. Kekurangan dan kelebihan yang Tuhan berikan kepada kita, tak lain dan tak bukan adalah agar kita saling melengkapi dan mengisi satu sama lain. Eaaaaa.
  13. Engga boleh lihat orang yang meninggal bagi ibu-ibu hamil, ntar anak yang ada di kandungannya diganggu sama si yang meninggal itu--Biar si ibu hamilnya istirahat di kamar aja kali ya, ga usah banyak gerak-gerak (maksud lo?).
  14. Engga boleh main-main di sekitar kuburan, ntar diganggu setan--Daripada maen di kuburan, mending maen ke Sevel sonooo, biar dikata anak gahooool.
  15. Engga boleh ngelangkahin kuburan, ntar diganggu sama yang punyanya kuburan--Mending langkahin dulu mayat gueee! #EfekSinetron
  16. Engga boleh nyapu kalo ada yang lagi makan, ntar rejekinya susah--Kasian yang makan ntar makanannya kemasukan debu/kotoran. Oya, kalo di tempat gue kalo ada yang lagi makan trus kita nyapu di sekitar orang tersebut, itu sama aja kayak ngusir orang itu buat pergi.
  17. Engga boleh nunjuk pelangi pake jari, ntar jarinya bengkok--Macem sihir di Harry Potter aje ye nunjuk pelangi bisa bikin jari sendiri bengkok wahahaha mejiiiiik!
  18. Engga boleh tidur telentang di luar rumah pas tengah hari, ntar disunat setan--Jiahahaha setan alih profesi jadi tukang sunat ya? Kasian yang udah pada sunat, masa disunat lagi, abis ntar! (Apanya yg abis? Hahaha).
  19. Engga boleh mandi di kali pas siang-siang bolong (tengah hari), ntar diganggu setan air--Dulu gue sering banget diomongin gini sama orang tua pas minta ijin mandi di kali sama temen-temen waktu kecil. Orang tua make ini buat nakut-nakutin anaknya kali biar ga pada bandel mandi di kali.
  20. Engga boleh ngomong yang macem-macem (kotor) di tempat sepi, seperti: hutan, ntar diganggu setan--Di tempat kayak hutan atau tempat-tempat sejenis lainnya emang omongan mesti dijaga.
  21. Engga boleh make celana dalem di kepala, ntar cepet mati--Ih waw! Kalo KANCUT-nya ka Pina gimana?
  22. Engga boleh nangis malem-malem, ntar diikutin setan--Mitos ini biasanya diceritain orang tua buat nakut-nakutin anaknya biar anaknya berhenti menangis.
  23. Engga boleh makan bersisa, ntar nasinya nangis--"nasinya nangis" ? Ini semacam istilah aja sih kalo kata gue. Mungkin maksud mitos ini adalah agar kita tidak menyia-nyiakan apa yang udah dikasih Tuhan kepada kita. Dengan engga ngabisin nasi ketika makan, otomatis nasinya bakal kebuang, dan itu mubazir. Sementara di luar sana masih banyak orang-orang kelaparan yang butuh nasi untuk makan.
  24. Engga boleh nyanyi-nyanyi atau ngomong di kamar mandi, ntar setan marah--Kamar mandi katanya jadi salah satu markasnya para setan, jadi ga boleh berisik. Kalo kita nyanyi-nyanyi atau ngobrol, setannya keganggu, ka-ta-nya. Tapi maaf ya, Tan! gue susah banget nahan diri gue buat ga nyanyi-nyanyi di kamar mandi
  25. Engga boleh duduk di atas bantal, ntar pantatnya bisulan--Bantal kan buat kepala, bukan buat pantat. Dan mengenai bisulan, ga ada hubungannya deh. Setahu gue, orang yang bisulan itu orang yang jorok, ga merhatiin kebersihan badannya.
  26. Engga boleh make topi wisuda sebelum diwisuda, ntar lulusnya jadi lama atau jadi mahasiswa abadi (ga lulus-lulus)--Apakaaaaah Bang ALIT terkena kutukan mitos ini? Huwawahaha :p
  27. Engga boleh ngintip orang mandi, ntar matanya bintitan--Huwahaahahahaha mesum mesum ngintipin orang mandi
  28. Engga boleh gigit-gigit kuku--Kuku di jari dan kaki kita kan kotor, ngapain digigit-gigit, kayak ga ada barang lain aja yang bisa digigit-gigit. (Padahal gue sendiri dari kecil sampe sekarang masih gigit kuku jari). Pengakuan.
  29. Engga boleh make payung dalam rumah, ntar kesamber gledek--Engga ngerti ini kenapa?
  30. Engga boleh make baju ijo di pantai selatan, ntar diculik Ratu Pantai Selatan--Ini mitos yang cukup tenar banget seantero negeri. Pengunjung pantai yang make warna ijo ke pantai selatan, katanya bakal hilang dan dipercaya dibawa oleh Nyi Roro Kidul ke tengah laut.
Dan mari kita simak kata temen-temen KANCUT KEBLENGER mengenai mitos-mitos yang pernah mereka dengar!

1. ga boleh makan di depan pintu, seret jodoh
2. orang sunda ga boleh kawin sama orang diluar pula jawa, ntar susah kaya
3. ga boleh masang payung di dlm rumah, ntar disamber gledek
4. kalo dapet makanan dr tetangga, makanannya di taro dilantai trs kita lewatin gitu, takut tuh makanan udeh dikasi guna2
5. kalo mandi jangan nyanyi, ntar ada setan 
  
Waktu kecil diceritain mitos kalo buka payung di dalem rumah nanti bisa liat hantu, trus kalo pipis sembarangan ntar jiwanya ketuker.
Kalo di bogor ada mitos anak kecil gaboleh ke depan rumah pas magrib, entar diculik setan kuda

Banyak:
-Gak boleh duduk di atas meja, ntar banyak utang
-kalo tidur, jangan senderan dgn posisi tangan di belakang kepala, nanti bokapnya cepet mokat.

engga bole potong kuku malam-malam..
engga bole mainin penyapu malam-malam...
engga bole duduk di atas bantal..... 
Jangan bersiul pada malam hari huahhahaa...bnyak masihh...

jangan ngado baju ke pacar, bisa bikin putus!
dan believe it or not, it was happened to me :p

Anggi Dodot Megasari :
1, engga boleh gunting kuku malem", katanya nanti kukunya kaya kuku setan.
2. Engga boleh nyanyi d kamer mandi, nanti ada yg ngikutin
3. Jangan kebanyakan foto", nanti nyawanya berkurang. Katanya
4. lo jempol kaki lebih panjang dari telunjuk kaki katanya ibu duluan yang meninggal, kalo telunjuk kaki lebih panjang dari jempol kaki katanya bapa duluan yg meninggal
5. kalo makan jangan sambil tiduran atau tengkureb katanya nanti jadi buaya 

Jangan foto bertiga, ntar yang ditengah mati

ga boleh mukul-mukul meja,, ntr orang tuanya banyak utang.
katanya kalo kita makan nasi goreng di luar rumah, kita musti ngasih sdkit nasinya ke tanah.

eh iya katanya kalo abis plg jalan malem2 hrs lgsg ganti baju trs cuci kaki, tangan, muka. biar gaada yg ngikutin.
ga boleh bawa telor, pisang, dan bbrp makanan lain malem2, kalaupun terpaksa bawa, kalian jg hrs bawa cabe sama bawang. buat penangkalnya gitu.
ga boleh sisiran malem2 . yg ini ga tau bnr atau nggak
Kalo pipis sembarangan hrs permisi dl, abis itu pipisnya diludahin

 Dini Sekar :
 kalo lg hamil kudu bawa gunting kecil biar ga ada yg ngikutin.

kalo duduk terus kursinya cepet anget katanya panjang umur.
kalo ketemu cowok ganteng gak minta kenalan, entar gak bisa kenal.
kalo nemu duit di jalan mesti dilangkahin 3 kali biar kalo diambil gak kualat
  
Kalo nemu duit, kita harus ngludahin ke tempat duit tersebut. 

kalo ada bulu mata yang rontok , cepet cepet diambil trus di taro di rambut. katanya itu tandanya ada yang kangen, trus di taro rambut biar kita ketemu sama yang ngangengin kita.
kalo di jalan atau dimatapun pas di tempat asing gak boleh sekali kalipun nyorot senter atau sumber caha ke atas langit. nanti takutnya liat sesuatu yang gak lazim lewat

Banyak komen yang masuk ketika gue meminta temen-temen KK menceritakan mitos-mitos yang pernah mereka dengar/tahu. Mulai dari komen yang serius menjawab (seperti yang gue tulis di atas), hingga komen-komen iseng yang-sebenarnya-sama-sekali-tidak-menjawab, seperti: 

"enggak boleh bengong, entar ayam tetangga mati #eh"
"ga boleh makan pake kaki.:p"
"Gag bolee nolak klo dilamar katanya PAMALI...."
"jangan lupa ganti kancut sehari 3 kali, biar ga sial"
"Jangan makan kancut sendiri. ntar pingsan"
"kalo ngga tidur siang ntar didatengin setan jambrong..."
"Jangan piket di kelas sendirian, nanti bisa liat hantu *curhat*"
"Kalo ketemu saya harus anterin pulang, kalo enggak ntar digigit"
"kalo malem2 pintu rumah harus dikunci biar ga ada maling.:3"
"Kalo makan kudu pelan-pelan, takutnya keselek piring"

Hahaha. Iseng, bukan? 
Tapi terima kasih, komennya sangat menghibur :)
Terima kasih teman-teman KK semua!

***

Begitulah mitos yang berkembang di masyarakat selama ini. Sebenernya kalo dikaji lebih jauh lagi, masih banyaaaaak sekali mitos-mitos yang tercipta di masyarakat kita. Mitos-mitos di atas adalah beberapa contoh mitos-mitos "terkenal" yang umum di mata masyarakat. Masalah percaya atau tidak, semua dikembalikan ke diri kita masing-masing.
Toh, mitos hanya sekedar mitos, bukan? :)

4 komentar:

  1. kadang mitos itu cuma untuk menakut-nakuti anak kecil...misal yang saya sebutin di atas "jangan makan sambil tengkureb atau tiduran, nanti bisa jadi buaya" maksudnya orangtua mau anaknya supaya makan duduk, kalo tiduran kan bisa aja keselek nasinya...kan bahaya tuh

    trus "kalo makan nasi harus di abisin, kalo ga abis nanti nasinya nangis" itu supaya anaknya ngabisin makannya, kalo ga abis kan mubazir.

    keep posting anggi (serasa manggil nama sendiri) hehe

    BalasHapus
  2. kalau aku sih gak percaya sama mitos.
    tapi kalau menurut pandangan aku, kebanyakan yang dijadikan mitos itu kebiasaan yang enggak baik, misalnya gunting kuku malem2 kan cahayanya kurang nah kalu keguntingnya bukan kuku tapi daging kan bisa berabe, atau duduk di bantal, bantal kan untuk kepala bukan untuk pant*t, karena kebiasaanya gk baik mknya seringkali dibilang "gak bagus kalau begini, nanti begitu loh"
    yah.. kira2 demikian, maaf ya kepanjangan komen nya >_<
    anw, salam kenal :)

    BalasHapus
  3. kadang ada benarnya juga . . .mungkin di kehidupan sebelum kita, kita tidak mempercayai . . .tapi cukup dengan menghargai aja . .// :p

    BalasHapus