Sabtu, 29 Oktober 2011

UTS oh UTS

Penampakan kartu kuning--Kartu Studi Mahasiswa
yang sudah terisi penuh oleh tanda tangan

"29 Oktober tahun 2011
Itulah hari kemerdekaan saya
Hari merdeka jiwa dan raga
Hari bebasnya dari beban UTS
Mer..De..Ka!"
(dinyanyikan dengan irama lagu Hari Merdeka, dengan ketukan 4/4, nada dasar do=bes #Ngaco).

Di hari yang bersejarah ini, tepat di tanggal 29 Oktober 2011,pukul 12.30 Waktu Indonesia Galau Barat, dengan bangga saya memproklamasikan hari merdekanya saya dari belenggu Ujian Terlalu Sulit Tengah Semester (UTS) di semester tiga ini. Merdeka!

Ya, setelah kurang lebih sepuluh hari melewati masa-masa sulit UTS, masa yang penuh akan derita dan air mata, akhirnya hari ini UTS gue selesai juga. Huuuuuuuh. #MenghelaNapasPanjang #LangsungBuangBukuKeTongSampah.Eh?

Mau me-review sedikit perjalan UTS pertama gue di jurusan tercinta "Komunikasi dan pengembangan Masyarakat". Cek maricek!

19 Oktober 2011 : Ilmu Penyuluhan (Ilnyu) dan Metode Statistika (Metstat)

Ga tanggung-tanggung, UTS hari pertama langsung dihajar sama 2 mata kuliah sekaligus. Parahnya lagi, 2 mata kuliah ini adalah mata kuliah keramat! yang Ilnyu materinya subhanallah banyak sekali dan yang satunya lagi, Metstat, materinya hitung-hitungan yang kurang begitu gue senangi.

Penampakan "kitab suci" Ilnyu yang sama sekali
TIDAK UNYU dan sangat kuno ini

Ilnyu sukses bikin gue s-t-r-e-s. Ada 7 bab dengan materi yang sangat tidak manusiawi untuk dipelajari dan dihapal dalam waktu SATU MALAM. Oke mungkin salah gue juga kali ya, engga nyicil-nyicil belajar dari jauh-jauh hari.Niat doang sih dulu mau nyicil, tapi kenyataannya nihil. Akibatnya ya ini, keteteran sekali pas mau ujiannya. Jurus andalan "SKS"--Sistem Kebut Semalam pun terpaksa dilakukan. Tujuh bab tebal dijejalkan dengan paksa ke otak dalam waktu satu malam. Sungguh cerdas!.
Bagaimana ujiannya?
Susah sekali!! Ada empat jenis soal: Benar-Salah, Pilhan Ganda, Isian Menjodohkan, dan tak ketinggalan essay beranak pinak. Buset, mata gue udah jeleng aja liat soal sebundel tebal yang harus gue kerjakan dalam waktu yang sangat terbatas. Bagian yang paling banyak menguras waktu dan tenaga adalah bagian essay. Gue diharuskan menganalisis bacaan dan menguraikan sedemikian rupa penjelasannya dengan mengaitkannya dengan teori yang ada di buku. Edan. Tangan gue pegal. Otak gue keriting.
Untuk bagian yang lain, macem BS, PG, Isian Berjodoh, gue ngisi apa yang gue tahu, dan selebihnya asal tembak. Mana yang bagus, itu yang gue pilh. Sungguh cerdas bukan! Ha-Ha-Ha.

Lalu METSTAT?
Salah satu mata kuliah yang paling gue takutkan ya mata kuliah HITUNG-HITUNGAN! Yang menghancur leburkan IP gue di semester 1-2 kemaren ya mata kuliah hitung-hitungan macem Pengantar Matematika, Fisika, Kimia, dan kolega-koleganya.
Gue sudah belajar habis-habisan supaya bisa menaklukkan mata kuliah ini agar tidak menghancurkan kembali IP gue di semester ini. Alhamdulillah dan sesuatu sekali, gue bisa mengerjakan soal-soalnya dengan baik dan (insya Allah) benar. Jenis soalnya ada tiga: Benar-Salah (lancar), Pilihan Ganda (Lancar tapi agak bingung), dan Essay (lancar abisss). Gue engga ngejawab full soalnya, karena ketentuannya yang kalo salah di-minus 1, kalo salah poin 2, dan kalo tidak dijawab poin 0. Yang ragu-ragu jawabannya gue tinggalin aja, maleskan di-minus 1.Mending ga diisi.
Keseluruhan lancar jaya ujian Metstat ini, dan baru kali ini ada mata kuliah hitung-hitungan yang bisa membuat gue keluar dari ruangan ujian dengan muka berseri-seri dan penuh senyum manis semanis kue es buah buatan chef Farah Queen di acara masak-memasak itu.

20 Oktober 2011 : Perilaku Konsumen (Perilkon)

Penampakan Buku Ilmu Konsumen

UTS hari kedua bersemangat sekali! Selain sudah bebas dari dua mata kuliah keramat itu, subjek ujian di hari kedua ini cukup menyenangkan. Perilaku Konsumen ini mata kuliah yang materinya enak seenak enaknya. Bukunya juga enak sekali untuk dibaca dan dipelajari. Bahasanya mudah dipahami dan engga terlalu berat dicerna otak gue yang pas-pasan ini. Tapi lumayan banyak sih ya.
Akan tetapi sayang sekali pas ujiannya ge bisa ngerjain maksimal. Gue sangat menyesal pas belajar meng-ignore alias mengabaikan materi-materi tertentu untuk gue pelajari, dan mampusnya materi yang gue ignore itu banyak sekali ditanyakan di bagian essay. Justru materi yang gue yakini sekali bakal banyak keluar di ujian, cuma keluar dikit, itupun di bagian pilhan ganda. Nyesek.

21 Oktober 2011 : LIBUR alias GA ADA UJIAN

-

22 Oktober 2011 : Dasar-dasar Komunikasi (Daskom)

Buku Daskom, I like it!

Ini salah satu mata kuliah favorit gue. Asal tahu aja, bukunya enak banget buat dibaca. Materinya menyenangkan banget, dan yang paling penting, bukunya ga lebih kayak novel. Kertas buku dan wangi bukunya bener-bener layaknya novel. Belajar Daskom ya seolah-oleh baca novel Harry Potter gue.
Ujiannya? Pilihan ganda dan Benar-salah lancar. Kendala di essay bagian-bagian akhir, materi yang udah gue hapal sedemikian rupa tiba-tiba hilang aja dari otak, blank! dan gue pun mengarang bebas di beberapa nomor essay.

23 Oktober 2011 : LIBUR, hari Minggu!

-

24 Oktober 2011 : Berpikir dan Menulis Ilmiah (BMI)

Kasusnya sama seperti Daskom. PG dan BS lancar jaya, tapi essay bagian akhir mengarang bebas.

25 Oktober 2011 : Pengantar Manajemen (Pengamen)

UTS paling kurang ajaaaar jatuh kepada : Pengamen!
Hancur parah, ngerjainnya ngasal semua dan sedikit yang gue jamin bener.
Materi Pengamen ini ga nanggung-nanggun 11 bab coba. Materinya abstrak dan harus dihapal mati di luar kepala. Bikin stres gue dan teman-teman gue lainnya.
Pas ujian juga banyak banget temen-temen gue yang namanya dicatet pengawas ujian gara-gara berisik dan nanya kiri-kanan. Tapi emang susah iniiiii mata kuliah. Hopeless.

26 Oktober 2011 : Libur

-

27 Oktober 2011 : Sosiologi Pedesaan (Sosped)

Udah ngebayangin kalo soalnya bakal susah banget, dan ternyata eh ternyata yang keluar cuma 4 buah soal essay, dan itu mudah sekaliiiiiii. Ah senangnya ujian mata kuliah ini.
Harusnya soal ujian yang bagus itu ya kayak soal Sosped ini. Kita dibiarkan menuangkan ide dan pendapat kita mengenai sesuatu hal, bukan terpaku pada materi/teori yang harus dihapal mati sampe titik koma di luar kepala. Kecup hangat deh buat ibu dosen yang bikin soal macem ini. #eeeeh.

28 Oktober 2011 : Libur

-

29 Oktober 2011 : Ujian Praktikum Sosped

Ujian terkahir yang baru saja gue tuntaskan. Sama sih model soalnya kayak ujian tulis Sosped sebelumnya. Lancar lah yah.Alahmdulillah.

***

Itulah sedikit gambaran perjalanan ujian gue kali ini. Banyak sih hal-hal menarik dan kocak lainnya selama menghadapi ujian kali ini. Mulai dari yang stres-stresan belajar materi yang banyak dalam waktu semalam, update-an update-an status ngeluh tentang ujian di Twitter atau BBM, belajar online via Twitter sama temen-temen yang lain, dan masih banyak lagi.
Jujur, ujian kali ini cukup banyak gangguan yang menghambat proses belajar. Pertama, HAPE! ini pengganggu paling besar, gue yang udah mau fokus ke pelajaran eeeh suka diganggu sama ni hape, akhirnya keterusan maen hape dan males-malesan belajar lagi. Selain itu juga gue cukup terganggu dengan suara berisik anak-anak kosan yang kalo lagi nonton tv ga kira-kira, perpaduan suara tv dan suara mereka ngobrol nyampur jadi satu bikin gue muleeees dengernya, jadi ga konsen belajar! Padahal mereka juga lagi UTS sama kayak gue. Lagian posisi kamar gue juga sih yang agak kurang bagus. Kamar gue tepat di depan ruang tamu (ruang tv) kosan, ya harus tahan lah sama suara berisiknya penghuni kosan.

Gue pribadi merasa masih belum bisa maksimal dalam mengerjakan UTS kali ini, tapi setidaknya gue sudah berusaha semaksimal dan setotal mungkin baik dalam blajar maupun berdoa. Tinggal bertawakkal dan memasrahkan diri akan hasilnya nanti kepada Allah S.W.T. Semoga saja bisa mendapatkan hasil yang terbaik dan memuaskan nantinya. Amin.

Yang jelas sekarang sudah merdeka!
Sekali merdeka tetap merdekaaaaaaaaaa!


3 komentar:

  1. Kirain Ilnyu itu Ilmu Unyu.. :D

    BalasHapus
  2. Inal : Ilnyu samo sekali ndak ado unyu2nya sedikitpun materinyo haha

    Gandung Gozali : Jurusan KPM (Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat)

    BalasHapus