Sabtu, 07 Januari 2012

Toilet Bintang Lima Wakil Rakyat Kami

Tahun 2012 baru memasuki hari ke-8. Om-om dan tante-tante DPR yang terhormat udah bikin ulah lagi noh. Setelah kemaren gencar-gencarnya mau ngerenovasi gedung kerja mereka yang katanye udah miring dan nambahin fasilitas-fasilitas yang engga mau kalah dengan hotel-hotel mewah, eh sekarang bikin heboh lagi, mau ngerenovasi beberapa toilet gedung mereka dengan dana yang diperkirakan sebesar Rp 2.000.000.000! Ya, DUA MILYAR RUPIAH, untuk TOILET, DOANG. Edan.

Heboh perenovasian toilet 2M ini langsung menarik perhatian banyak orang. Topik ini ramai dibahas dan diperbincangkan orang di berbagai media, entah itu di internet maupun di televisi, bahkan jadi headline surat kabar loh. Deuh.

Gue memandang perenovasian toilet gedung DPR ini sebagai bentuk pemborosan dan penghamburan uang buat hal-hal sepele dan engga terlalu penting. Toilet doang gitu loh, masa iya sampe nelen biaya segitu mahalnya. Mau bikin toilet macam apa coba. Lagian buat apa juga bikin toilet yang mewah-mewah, toh kepakenya buat urusan buang hajat doang kan, ya kali kalo mau dipake buat tempat kerja tu toilet. Toilet yang sederhana cukup lah asal bersih dan sehat. Ga perlu yang mewah bak toilet-toilet di hotel berbintang. Buat apaaaaaa?.

Disaat para anggota DPR seolah tengah sibuk memperkaya dan menekslusifkan diri mereka dengan berbagai fasilitas serba mewah dan mahal, mereka seolah menutup mata dan lupa akan satu hal, satu hal penting yang (seharusnya) menjadi tanggung jawab utama mereka....Rakyat!. Ya, rakyat. Agak ironis emang ngeliat di berbagai tempat/daerah di Indonesia masih ada atau bahkan masih banyak masyarakat yang engga punya akses sama sekali akan fasilitas MCK--Mandi Cuci Kakus. Untuk mandi, mencuci pakaian, dan buang hajat saja mereka harus jauh-jauh ke sungai, atau yang lebih parah, fakta miris yang gue dapatkan dari dosen di mata kuliah Sosiologi Pedesaan (Sosped) adalah beberapa dari masyarakat kita bahkan ada yang terpaksa buang hajat di tengah-tengah kebun atau di rerumputan di belakang rumah mereka. Miris banget emang kalo mau ngebandingin dengan toilet 2M yang ingin dibangun untuk para anggota DPR yang terhormat.

Melihat betapa mirisnya kondisi rakyat kita ini, menurut gue kenapa dana yang sebegitu besarnya itu engga dialokasiin terlebih dahulu untuk pembangunan fasilitas MCK bagi rakyat/masyarakat miskin yang punya keterbatasan akses akan fasilitas MCK tersebut. Mereka engga butuh kok fasilitas MCK yang mewah nan megah, fasilitas yang layak serta memadai saja bagi mereka itu lebih dari cukup.




 VERSUS




Agak heran dan bingung sebenernya sama jalan pikiran om-om dan tante-tante wakil rakyat. Perasaan dari awal engga henti-hentinya menuai kehebohan demi kehebohan dengan cerita inilah cerita itulah. Sedangkan kinerjanya sendiri mana ya?, patut dipertanyakan. Okelah ya kalo mau dan ingin fasilitas ini itu, tapi imbangi dengan kinerja yang nyata dan kinerja yang mampu bikin rakyat Indonesia sejahtera dong. Jangan mau enaknya aja atuh ya.
"Wakil rakyat seharusnya MERAKYAT, jangan tidur waktu sidang soal rakyat"
Super setuju sama kata Om Iwan Fals. Para wakil rakyat yang terhormat seharusnya bisa merakyat lah. Prioritas utama kalian itu ya kami, RAKYAT  Indonesia!, jangan sibuk memprioritaskan diri sendiri dengan berbagai fasilitas mewah dan mahal, lantas melupakan kami.
Oya, satu lagi. Kalo lagi sidang dan rapat tentang urusan rakyat, jangan pada tidur di kursi kalian yang empuknya naujubillah, atau jangan sibuk mainin henpon dan gadget mahal kalian yang harganya waw itu, ataaaaaaau (yang lebih penting) jangan pada nonton pidio "biru" atuh ya. Ups.

Salam damai, dan kecup manis dari saya untuk om-om dan tante-tante wakil rakyat!

*Sumber gambar: http://slametux.blogdetik.com

5 komentar:

  1. Semacam panas gue liat para wakil rakyat itu..

    Blogwalking ya gan :)

    BalasHapus
  2. emang ngenes banget sih kakak._. *plakk*
    btw salam kenal ^_^

    BalasHapus
  3. Ahahaha. Mungkin mereka mau bikin rekokr dunia Nggi. Kantor dewan dengan toilet ter-mewah di dunia. :D

    BalasHapus
  4. M. Ali: Betul, Panas banget *cari kipas dulu*

    Ratri Sekar: Ngenes sekali! Salam kenal juga :)

    Rinal: haha mungkin bisa jadi

    BalasHapus
  5. kunjungan sob..
    salam sukses selalu ..:D

    BalasHapus