Sabtu, 19 Mei 2012

One Man, One Tumbler!

Lingkungan dan Perubahan iklim (climate change) merupakan sebuah isu global yang cukup serius dan menjadi perhatian banyak kalangan di seluruh dunia. Isu ini menjadi cukup penting untuk dibahas dan dicarikan jalan keluar yang tepat agar permasalahan perubahan iklim yang mengancam seluruh dunia dapat diatasi dan ditekan laju perubahannya.
Di acara Extraordinary Youth and Young On Top Campus IPB Roadshow yang diadain di kampus gue kemarin, ada presentasi dan pemaparan menarik mengenai isu lingkungan dan perubahan iklim dari Sirly Widyaningrum (perwakilan dari Young On Top Greeneration). Dalam presentasinya, Ka Sirly memaparkan banyak hal dan fakta-fakta terkait dengan masalah-masalah lingkungan dan climate change ini. Nah, untuk membantu mengatasi permasalahan yang ada,  Young On Top Greeneration punya sebuah program bernama "the Climate Project Indonesia", di mana salah satu  project yang mereka laksanakan adalah project "One Man One Tumbler".
A: TUMBLER? yang sejenis blog itu ya?
B: Bukaaaan, itu mah "TUMBLR". Ga pake "e".
A: Trus, TUMBLER itu apa?
B: Wadah minuman.
Ini TUMBLER
Ya, jadi YOT Greeneration ini berusaha menyosialisasikan kepada masyarakat luas mengenai penggunaan TUMBLER sebagai tempat minum untuk menggantikan botol-botol plastik yang kerap kita gunakan setiap harinya.

Kenapa diganti?
Hal ini dalam rangka mengurangi sampah botol-botol plastik yang seperti kita ketahui, terbuat dari bahan yang sangat susah dan lama untuk diurai, serta perlu waktu ratusan tahun lamanya untuk dapat terurai.

***
Gue pribadi, setuju dan tertarik banget sama project yang dijalankan YOT Greeneration ini. Bayangin aja, betapa banyaknya sampah-sampah botol plastik hasil konsumsi air mineral/minuman berbotol plastik dari seluruh orang di dunia dalam sehari. Pasti banyak banget, karena sebagian besar orang-orang di seluruh dunia mengonsumsi produk berbotol plastik yang "sekali pakai langsung buang" setiap harinya, termasuk gue. Nah, kalau hal ini enggak ditekan dan dibiarkan terus-menerus, bisa-bisa sampah-sampah botol plastik akan terus menggunung dan bakal berdampak ke banyak hal, terutama masalah lingkungan dan perubahan iklim.

Penggunaan Tumbler bukanlah sesuatu yang cukup umum dan banyak di kalangan masyarakat luas, terutama masyarakat Indonesia. Meskipun beberapa ada yang udah make Tumbler, tapi yang gue liat sih Masyarakat kita cenderung lebih banyak dan lebih seneng make botol-botol/kemasan plastik kalo bepergian ke mana-mana.

"Bawa-bawa Tumbler (wadah minuman) ke mana-mana kan ribet, berat, dan ga praktis"..

Mindset seperti ini sebaiknya kita ubah deh. Artis-artis luar aja udah banyak kok yang kalo ke mana-mana bawa Tumbler sendiri. Bahkan ke kedai kopi/minuman aja mereka make Tumbler mereka sendiri, dan ga make wadah dari kedai tersebut.
Menggunakan Tumbler sebagai pengganti botol plastik adalah bentuk partisipasi dan langkah kecil kita dalam menjaga lingkungan dan menekan perubahan iklim di bumi tercinta ini. Yuk, mulai dari sekarang kita beralih dari penggunaan kemasan/botol plastik ke Tumbler; ke kampus, ke sekolah, ke tempat kerja, atau ke mana aja, dari pada beli-beli air mineral/minuman berkemasan botol plastik mending bawa sendiri kan dari rumah dengan menggunakan Tumbler. Lagipula Tumbler sama sekali ga ribet dan berat kok. Praktis dan bisa dipake berulang-ulang. Setuju?

One Man, One Tumbler--untuk lingkungan dan bumi yang jauh lebih baik!

10 komentar:

  1. Balasan
    1. Waaah, dipake terus Tumbler-nya :D

      Hapus
  2. wah penting untuk diketahui nih, oke mulai sekarang kalo ke cafe bawa tumbler sendiri :)
    YOT emang mantap :D thanks infonya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mending bawa Tumbler sendiri aja kalo mau ke mana-mana..
      Kembali kasih :)

      Hapus
  3. Tumbler disekitar IPB dijual dimana dah ???

    BalasHapus
  4. Hm..iya bener juga ya. udah saatnya kita bergerak dari hal-hal kecil untuk melindungi bumi kita. nice post xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo bukan kita, siapa lagi yang melindungi bumi kita :)
      Terima kasih yaaa

      Hapus
  5. oh jadi ada gerakan ini ya ? baru tau. kalo gitu mulai besok bawa terus deeeh.. nice info dear :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ada, langkah kecil kita untuk melindungi lingkungan dan bumi kita..
      Thank you ya :D

      Hapus